About Me

Foto Saya
dinaspumamuju
1. Bidang Bina Marga mempunyai tugas pokok menyusun dan mengumpulkan bahan / data perencanaan pembangunan jalan dan jembatan serta melaksanakan pemeliharaan, pengendalian dan pengawasan.
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

METODE BARU

Minggu, 27 Juni 2010

RAINBOW ITU APA YAH

Software analisis frekuensi data hidroklimatologi dan pengujian homogenitas data



Struktur Program RAINBOW

Analisis data hidrologi dan klimatologi sangat penting dalam perencanaan proyek pengembangan sumber daya air. Untuk kebutuhan tersebut, diperlukan informasi mengenai kejadian hujan, kedalaman aliran, debit, ketinggian evapotranspirasi, dan lain-lain yang dapat dijelaskan dengan suatu probabilitas kejadian atau periode ulang tertentu sesuai kebutuhan dalam perencanaan.

Salah satu software bebas (freeware) yang tersedia adalah RAINBOW. Dengan software ini kita dapat melakukan analisis frekuensi dan pengujian homogenitas data hidrologi dan klimatologi dengan mudah. Distribusi frekuensi yang dapat dipilih dalam program ini adalah : Normal, Log-Normal, Weibul, Gamma, Gumbel, Exponential atau Pareto. Dengan menggunakan grafik (Probability plot dan Histogram dari data superimposed dari fungsi probabilitas yang dipilih) untuk melakukan evaluasi kesesuaian distribusi. Dengan RAINBOW juga dapat dilakukan pengujian statistic untuk kesesuaian distribusi (Chi-square dan Smirnov-Kolmogorov test). Dengan software ini kegiatan analisis hidrologi yang selalu dilakukan dalam perencanaan menjadi sangat mudah dan mendapatkan hasil yang teliti.

Untuk DOWNLOAD program dan manual program dapat dilakukan disini

0 komentar:

TERIMA KASIH TELANG MENGUNJUNGI KAMI

LUANGKAN SEDIKIT WAKTU UNTUK BERKOMENTAR MENGENAI BLOG INI MAUPUN YANG MENYANGKUT KEBINAMARGAAN.... TERIMA KASIH

Subscribe Now: poweredby

Powered by FeedBurner

Weblog Sepakbola Indonesia